http://hotfile.files.wordpress.com/2008/08/oil-rig2.jpg

Rabu, 20 Januari 2010

ngemil

Siapa bilang ngemil bikin gemuk?

Kalo IYA, syukurlah… Tapi kalo TIDAK, jenengan TIDAK BOLEH menyalahkan saya. Karena memang ungkapan tersebut bukan made in saya, tapi Josh Billing-lah yang bilang begitu. Sebagai catatan,beliau adalah seorang penulis humor dan dosen di Amerika Serikat sana. Terus apa hubungannya sama judul di atas?


Ngemil yukkk...Saya tertarik menulis postingan ini setelah membaca kolom kesehatan di Koran Jawa Pos hari ini. Di pojok kiri-atas halaman Evergreen, saya menemukan ungkapan tersebut. Dan di bawahnya, saya juga menemukan TIPS sehat yang memunculkan ide judul postingan di atas.

Jadi sekali lagi, jika jenengan gak setuju sama judul postingan ini, bukan salah saya. Biar lebih jelas lagi, coba deh lanjut bacanya… :)

Eko Dwi Martini DCN, ahli gizi RSUD dr Soetomo, mengatakan bahwa ngemil tidak sepenuhnya dilarang. Ngemil juga tidak menyebabkan gemuk asal tahu trik-triknya.
Mau tau apa aja trik yang disarankan?



1. Usahakan ngemil hanya 10-15% di antara total kalori yang dibutuhkan.


Jika total kebutuhan kalori seseorang dalam sehari adalah 2100, dia hanya boleh ngemil dengan kalori total sebesar 210-300 kalori. Jika dirupiahkan dikonversikan ke dalam keripik singkong, kalori segitu setara dengan 150 gram keripik singkong.
2. Manfaatkan sisa kalori setiap hari.


Umumnya, laki-laki atau perempuan dewasa (usia 20-40 tahun), membutuhkan asupan 2000 kalori perhari. Hitung saja kalori yang didapat dari makan 3x sehari sebesar 1700 kalori (500 kal+600kal+600kal), maka masih ada sisa 300 kalori yang kita butuhkan. Nah, 300 kalori itu kesempatan buat ngemil.


3. Setelah ngemil jangan menenggak minuman manis apalagi bersoda. Tujuannya biar kalori yang masuk tidak berlebihan. Pilihlah air putih atau air tawar.

4. Hindari ngemil makanan yang berlemak tinggi, seperti gorengan dan lemak babi.
Nah, bagaimana menurut jenengan?

Jika boleh saya menyimpulkan, ngemil itu sebenarnya bukan biang kegemukan loh. Kalo ada yang bilang ngemil bikin gemuk, perlu dilihat dulu gimana cara ngemilnya. Kalo keripik singkong sekilo habis dalam sekali Hap…, ya terang aja. Bukan ngemilnya yang bikin gemuk, tapi “rakusnya”-lah yang menjadi biang keroknya. He.he.

Hayo, ngemil yuk…

keripik singkong




Sambil baca-baca postingan saya, silakan keripik singkongnya di-incip-i. Biar gak kelebihan kalori, jenengan makannya jangan sekali hap… Diimit-imit biar lama habisnya… Okeh? :)

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai PEMBELAAN atas tuduhan yang diarahkan pada saya.

Hal ini karena belakangan dinda bestari sempat protes karena kebiasaan ngemil saya. Dan semoga semua orang terdekat menyadari, “gejala kegemukan” yang saya alami 100% karena pikiran ayem dan tidur cukup. Bukan karena hobi ngemil saya itu….
Lagi pula, hidup hanya sekali. Dari pada ungkapan JOSH BILLING beneran menimpa kita, bukakah lebih baik menikmati “hobi” yang kita sukai? He.he.
(Mode NGELES ON).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar